terimakasih telah mengunjungi blogg melani

Senin, 14 November 2011

ASAL USUL DESA KENTHENG

Pada zaman dahulu terdapat sebuah batu dan pohon besar di sebuah desa, nenek moyang zaman dulu menganggap batu dan pohon itu keramat sehingga dusun itu di namakan KENTHENG.
Sampai saat ini batu besar itu masih ada tetapi pohon nya telah hilan
g dengan kata lain telah di babat habis oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 
Didusun kentheng kebanyakan penduduk berprofesi sebagai petan, sehingga potensi alam yang terdapat di dusun kentheng adalah : padi,ketela pohon, kacang kedelai,dan kacang tanah. Oleh sebab itu dusun kentheng di sebut juga tanaman tumpangsari( menghasilkan macam-macam tanaman). Dusun kentheng terdiri dari beberapa RT yaitu: 
  1. RT 1 Trenggulasi. Pada zaman dahulu tepatnya pada masa penjajahan Belanda trenggulasi di namakan Tri Tanggul Asli (Tugu ketiga)
  2. RT 2 Karangpelem. Karangpelem terdiri dari dua kata yaitu karang dan pelem, karang artinya pekarangan dan pelem artinya mangga.Menggapa di namakan karangpelem , itu karena di setiap rumah penduduk  terdapat pohon mangga. Coba saja berkunjung ke karangpelem , di setiap rumah penduduk terdapat pohon manggawalaupun hanya 1 atau 2 pohon, tetapi hampir semua pekarangan penduduk memiliki pohon mangga. Kalaupun ada rumah penduduk yang tidak memiliki pohon mangga berarti sudah di tebang,contohnya seperti halaman rumah saya.
  3. RT 3. umbulsari. Dinamakan umbulsari karena memiliki sumber mata ait yang tidak pernah habis wazlaupun musim kemarau dan tidak pernah habis walaupun digungakan oleh banyak orang. Tidak hanya penduduk sekitar umbulsari, tetapi penduduk dari RT lain pun mengambil air dari umbulsari.
  4. RT 4. Bulu rejo.Bulu rejo adalah nama sebuah pohon yang di anggap keramat olh penduduk sekitar. sehingga tempat itu di namakan bulu rejo
  5. RT 5 yaitu terletek di dusun kentheng itu sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar